Dua Mode sistem Pengoperasian Priority Valve

Dua Mode sistem Pengoperasian Priority Valve - Seperti yang telah dibahas pada cara kerja Priotity Valve terdapat dua mode dalam sistem pengoperasian dari sejumlah kinerja komponen yang terdapat pada Priotity Valve. Apah Dua mode tersebut? Silahkan simak pada uraian berikut ini.

Mode Normal (Normal Mode)

Dua Mode sistem Pengoperasian Priority Valve

Seperti yang tampak pada gambar tersebut adalah dalam mode normal solenoid valve yang diberi energi oleh ECM. mengisi slug chamber di antara slug dan poppet Oli yang dari torque converter dan lubrication section pada pompa (pump) memasuki lubang saluran inlet dan mengalir melalui lubang-lubang di dalam rangkaian spool.

Dimana tekanan bekerja pada area spool tambahan di sekitar slug inilah Oli juga memasuki solenoid valve dan diarahkan ke spool assembly chamber. 

Rangkaian spool bergerak ke bawah (ke arah adjustment screw yang membiarkan oli mengalir ke torque converter yang disebabkan oleh tekanan tersebut, sedangkan untuk membuka check valve Tekanan inlet terlalu rendah. Oli mengalir ke torque converter dan ke sirkuit pelumasan untuk transmisi dan melalui lubang saluran outlet.

Mode Prioritas (Priority Mode)

Dua Mode sistem Pengoperasian Priority Valve

Seperti yang terlihat pada gambar adalah Modus Priority solenoid dimatikan oleh ECM. Memasuki lubang saluran inlet Oli dari torque converter dan lubrication section pada pompa dan mengisi slug chamber antara slug dan poppet dengan mengalir melalui lubang-lubang di dalam rangkaian spool. Selain itu oli juga diarahkan ke lubang buang dan memasuki solenoid valve.

Menggerakkan rangkaian spool ke atas (menjauhi screw penyetel) yang disebabkan oleh tekanan inlet di dalam slug chamber dan gaya spring. Sedangkan spool berfungsi menghambat aliran ke converter dan lubrication outlet passage.

Check valve membuka dan membiarkan oli dari torque converter dan lubrication section ketika tekanan meningkat di dalam converter dan lubrication inlet yang berfungsi untuk menambah aliran ke alat pengendali steering, brake dan transmisi.

Sedangkan Priority valve yang terdapat dalam Priority Mode adalah selama kondisi berikut ini:
  • Suhu oli dibawah 40° C (104° F).
  • Selama penggantian kecepatan atau arah.
  • Kecepatan engine dibawah 1300 rpm.
Demikian Dua Mode sistem Pengoperasian Priority Valve semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Menyusun gaya dengan metode paralelogram dan segitiga gaya

Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo) Sistem Rem Hidrolik