Menentukan titik tangkap, Memindahkan Dan Menyusun Gaya

Menentukan titik tangkap, Memindahkan Dan Menyusun Gaya - Menentukan titik tangkap gaya - titik A tersebut dinamakan titik tangkap gaya Apabila suatu benda ditarik kekanan oleh sebuah gaya F yang bekerja pada titik A. Titik tangkap merupakan titik tempat sebuah gaya mulai bekerja.
Titik A adalah titik tangkap Gaya F yang arahnya ke kanan 

Menentukan titik tangkap, Memindahkan Dan Menyusun Gaya

Sebagai contoh berikut ini :  Lukislah sebuah vektor AB yang besarnya 100 N clan arahnya ke kiri!

Penyelesaian: 
Pada sebuah garis lurus mendatar diukur panjangnya 100 : 50 = 2 cm (panjang garis AB 2 cm) digunakan skala gaya 1 cm = 50 N. Titik tangkap gaya dan tanda panah di ujung kiri adalah gerak gaya (lihat gambar) merupakan titik A di ujung kanan.

Menentukan titik tangkap, Memindahkan Dan Menyusun Gaya

Memindahkan Gaya 
di sepanjang garis kerjanya sebuah gaya F dapat dipindahkan (digeser) tempatnya, dan tanpa mengurangi pengaruh gaya tersebut pada benda.

Menentukan titik tangkap, Memindahkan Dan Menyusun Gaya

Maka apakah tali itu ditambatkan pada titik A atau ditambatkan pada B dengan menarik sebuah benda dengan seutas tali (berat tali dibaikan) dengan gaya sebesar F, hasilnya akan tetap seperti tampak pada gambar, sebagai misal.

Menyusun Gaya 
Sistem gaya itu dapat diganti dengan sebuah gaya lain yang pengaruhnya sama terhadap benda tersebut bila pada sebuah benda bekerja beberapa buah gaya (sistem gaya) seperti pada sistem gaya pertama. Kedua sistem gaya tersebut dinamakan ekuivalen.

Digantikan sistem gaya yang pertama dari sebuah gaya lain. disebut gaya pengganti atau gaya hasil yang juga sering dikatakan sebagai resultan (R) gaya yang menggantikan beberapa buah gaya. 

Disebut komponen Gaya gaya yang digantikan. Sedangkan disebut menyusun gaya Menggantibeberapa buah gaya menjadi sebuah gaya (R). dengan dua cara yaitu secara grafis (melukis) dan secara analitis (menghitung) yang dapat dilakukan menyusun gaya.

Demikian teknologi dasar otomotif Menentukan titik tangkap, Memindahkan Dan Menyusun Gaya. Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Menyusun gaya dengan metode paralelogram dan segitiga gaya

Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo) Sistem Rem Hidrolik