Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik

Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik - Sistem Brake cakram (Disc Brake System). Berikut ini komponen - komponen - Fixed Calliper. Baca komponen sistem hidrolik : Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo)

Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik

Telah diperlihatkan pada gambar berikut ini merupakan komponen utama disc brake assembly. 

Disc Brake Assembly dengan Fixed Calliper 

Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik

Komponen-komponen disc brake assembly adalah:
1. Inner Calliper Housing    7. Boot
2. Outer Housing                 8. Retainer
3. Bleeder Valve                 9. Piston
4. Pad Locating Pins          10. Pad
5 Steady Springs                11. Disc
6. Piston Seal 

Calliper 
Terdapat berbentuk dua rancangan calliper: sliding callliper dan fixed calliper dan untuk komponen sliding callliper lebih lazim digunakan.

Sliding Calliper 
Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik

Komponen-komponen disc brake assembly jenis sliding calliper adalah:
  • Bleed screw
  • Guide pin
  • Bolt- self locking
  • Housing
  • Inner pad dan spring assembly
  • Outer pad dan spring assembly
  • Boot – piston
  • Seal – cylinder
  • Boot guide pin
  • Anchor plate
Berikut ini seperti yang tampak pada gambar merupakan komponen utama sliding calliper yang terdiri dari : anchor plate, piston dan pad dan calliper housing. Hanya memiliki satu cylinder Jenis calliper ini dibuat sebagai bagian tunggal. Dipasang ke dalam sisi bagian dalam calliper. Terbuat dari besi tuang anchor plate terbuat dan calliper housing merupakan logam tuang campuran ringan.

Dibaut pada steering knuckle calliper dipasang pada anchor plate dan tidak dipasang dengan kuat pada anchor plate. diproses dengan mesin pada anchor plate permukaan yang diproses dengan mesin pada calliper bertumpu.

Masuk melalui lubang-lubang dalam anchor plate Dua guide pin, yang dibaut pada calliper. Sesuai dengan anchor plate tetapi memungkinkannya bergeser ke samping saat operasi Guide pin memposisikan calliper.

Operasi sliding calliper, gerakan piston seal diperlihatkan dalam gambar inset 

Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik

Keterangan Gambar :
1. Piston 6. Inner pad atau lining
2. Cylinder 7. Piston seal
3. Calliper Body 8. Boot
4. Outer pad 9. Fluid inlet
5. Disc

Disc Brake Pad 
Sistem Brake cakram (Disc Brake System) Dan Calliper - Sistem Rem Hidrolik

Dengan bahan friksi yang disatukan pada permukaannya disc pad terdiri dari steel backing plate. 

Dipasang ke dalam slot di dalam calliper atau di dalam anchor plate Pad diposisikan oleh guide lug. Untuk mencegah agar pad tidak berbunyi gemertak di dalam slot ketika brake release jepitan anti bunyi gemertak (anti-rattle clip) dipasang pada lug.

Di antara bagian bleakang inner pad dan piston Sebuah steel shim sering kali dipasang. Digunakan untuk instalasi-instalasi lain berbagai bentuk dan ukuran pad, Item-item yang diperlihatkan merupakan jenis yang umum. Jenis spring anti bunyi gemertak (anti-rattle spring) juga digunakan.

Secara otomatis Brake cakram (disc brake) dapat menyesuaikan. Piston akan berangsur-angsur bergerak lebih jauh di dalam lubangnya Saat pad menjadi aus dan hanya akan menarik diri dari piston yang memberikan jarak pad dalam jumlah kecil.

Setiap kali brake digunakan calliper housing akan diposisikan pada bagian tengah. Brake cakram akan menyesuaikan dirinya secara otomatis dengan cara ini. Adjustment service tidak disediakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Menyusun gaya dengan metode paralelogram dan segitiga gaya

Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo) Sistem Rem Hidrolik