Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis - Resultan R atau gaya pengganti adalah bila dua buah gaya yang dapat disusun menjadi sebuah gaya. Sedangkan komponen gaya adalah dua buah gaya yang hasil dari penguraian gaya. Baca Cara Menyusun Gaya secara Grafis Teknik Dasar Otomotif.
Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Baca beberapa gaya:

Pada arah vertikal serta horizontal dengan saling tegak lurus dan dari setiap komponen yang merupakan sisi dari jajargenjang dan sudut lancip yang dapat dihitung. Hal tersebut adalah suatu cara kebalikan dari menyusun gaya.

Dengan membuat suatu Komponen yang adalam arah vertikal serta horizontal merupakan suatu cara untuk menyelesaikan dari sola serta penguraian gaya untuk menjadi komponen gaya dengan cara mudah serta mengutungkan. Akan tetapi terdapat beberapa konstruksi yang dapat digunakan dengan melalui metode pararelogram ataupun jajargenjang. 

"Penguraian sebuah gaya menjadi dua komponen dalam arah vertikal dan
horisontal"
"Penguraian sebuah gaya menjadi dua komponen yang membentuk sudut
lancip pada paralelogram"

Cara menguraikan gaya secara analitis

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Untuk mengurai suatu gaya dengan cara analitis dapat dicari dengan melalui rumus seperti yang terlihat berikut ini:

Gaya F₁ₓ merupakan gaya F₁ yang diurai dengan garis sejajar dan sumbu X, sedangakn F₁ᵧ adalah yang sejajar dengan sumbu Y. Jadi, F₁ᵧ = F₁ sin α₁  dan F₁ₓ = F₁ cos α₁ merupakan besarnya dari masing - masin gaya. 

Komentar

  1. kak kalau nentuin sin cos nya pas udah di uraikan itu gimana kak? misal cos sejajar sama sumbu x atau cos sejajar sama sumbu y kak? pusinggg😭

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyusun gaya dengan metode paralelogram dan segitiga gaya

Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo) Sistem Rem Hidrolik