Bagaimana Cara Mengatasi Aki Agar Tidak Cepat Rusak Dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Aki Agar Tidak Cepat Rusak Dengan Mudah - Aki pada umumnya berumur selama 2 tahun itu normal mungkin ada aki yang baru diganti rusak atau soak. Dalam hal ini perlu anda ketahui penyebab aki tersebut rusak bukan karena kualitas aki yang baru dibeli rendahan mungkin juga karena kebiasaan buruk.

Pada aki basah ini perlu untuk dihindari kebiasaan buruk yaitu membiarkan air aki turun di bawah level normal, hal ini karena kelebihan muatan pada aki,  sedangkan air turunya air aki dalam aki merupakan sebuah aktivitas normal. Penyebabnya adalah ketika kendaraan digunakan pada jarak yang cukup jauh. 

Trus apa yang membuat aki menjadi rusak? Terbentuknya elemen aki terekspose atau oksidasi dengan udara karena cairan yang dibawah batas normal.

Bagaimana Cara Mengatasi Aki Agar Tidak Cepat Rusak Dengan Mudah


Penyebab lainya adalah karena aki mendapatkan beban yang berlebih yang disebabkan karena perilaku dan juga pemasangan aksesoris, menekan rem ketika kendaraan berjalan dengan repm rendah, pada saat mesin mati tiap kunci kontak masih menyala atau on. 

Penyebab berikutnya adalah aki mengalami undercharge karena aki jarang digunakan, hanya digunakan untuk memutar kompleks saja misalnya dan seharusnya kendaraan berjalan di rentang RPM 5000. Selain itu juga beban double starter merupakan beban besar bagi aki. Aki akan berkurang dan drop pengisian muatan listrik ke aki berkualng dan diulang - ulang. 

Solusi 
Lakukan charger aki di bengkel langganan atau mungkin ketika sedang service, bila kendaraan anda lebih dari satu maka anda dapat membeli cas aki dengan harga sekitar 400 ribuan hingga jutaan sesuai yang tinggal di kantong anda. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Menyusun gaya dengan metode paralelogram dan segitiga gaya

Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo) Sistem Rem Hidrolik