Tips Gonta - Ganti Merk Dan Jenis Oli Untuk Kendaraan Anda

Tips Gonta - Ganti Merk Dan Jenis Oli Untuk Kendaraan Anda - Para pengguna kendaraan bermotor mungkin telah mencoba memilih pelumas yang tepat bagi kendaraan mereka dengan cara gonta - ganti jenis oli. Yang menjadi pertanyaan adalah amankah bila gonta - ganti merek dan jenis oli?

Di dalam pelumas terdapat beberapa bahan diantaranya adalah base oil dan juga bahan aditif berdasarkan informasi dari Technical Specialist Gear, Hydraulic & Grease PT Pertamina Lubricants.

Aditif tersebut sudah balance yang terdapat pada produk diPertamina. Akan terdapat kemungkinan ada posibility chemical dari aditif yang tidak cocok apabila melakukan pencampuran dua brand pelumas. Pencampuran tersebut akan mengganggi keseimbangan aditif dan berakibat pada penurunan kualitas pelumas.

Mesin kotor juga disebabkan salah satunya adalah umur pemakaian pelumasnya berkurang dan aditif juga saling serang dan saling melemahkan. Setiap pelumas mengandung zat aditif dan sulit untuk mengetahui satu brand dengan brand lain compatible dan terjadilah penurunan mutu kualitas pelumas begitu tidak compatible.

Tips Gonta - Ganti Merk Dan Jenis Oli Untuk Kendaraan Anda

Penggantian oli yang berbeda merk juga disarankan terlebih dahulu untuk melakukan langkah flushing bila akan mengganti merk oli yang belum pernah digunakan sebelumnya. Flushing adalah membuang pelumas sebelum diganti oli.

Diperlukan waktu setengah jam untuk melakukan dua atau tiga kali flushing dan cukup menyalakan mesinya dan tidak berjalan serta harus benar bersih pelumas sebelumnya dengan cara flushing dan tidak menempel pada beberapa bagian ketika mengganti oli jenis baru, sehingga disarankan untuk menggunakan satu merk pelumas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menguraikan gaya secara grafis dan analitis

Menyusun gaya dengan metode paralelogram dan segitiga gaya

Gerakan Pengereman (Leading dan Trailing Shoe, Dua Leading Shoe, Duo Servo) Sistem Rem Hidrolik